VISI
"TERWUJUDNYA PROFIL LULUSAN YANG BERIMAN DAN BERAKHLAK MULIA, KREATIF, KOLABORATIF, MANDIRI, BERBUDAYA DAN PEDULI LINGKUNGAN"
MISI
Langkah-langkah strategis untuk mewujudkan visi sekolah dalam membentuk generasi yang unggul
Nilai Iman dan Taqwa
Menumbuhkan nilai iman dan taqwa sebagai dasar pengembangan karakter peserta didik.
Lulusan Berkarakter
Mewujudkan Lulusan yang mampu bernalar kritis, kreatif, kolaboratif serta berkarakter 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat.
Budaya dan Lingkungan
Memperkuat kepedulian terhadap pelestarian budaya daerah dan lingkungan melalui integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran.
Pembelajaran Inklusif
Menciptakan pembelajaran yang menarik, inklusif, dan berkarakter dengan memanfaatkan teknologi untuk mengakomodasi bakat dan minat peserta didik.
Teknologi Informasi
Memanfaatkan teknologi informasi untuk mendorong kreativitas, kolaborasi, dan berpikir tingkat tinggi.
Manajemen Adaptif
Mengembangkan manajemen pendidikan yang adaptif, berkarakter, dan berorientasi pada mutu.
Pusat Pengembangan
Menjadikan sekolah sebagai pusat pengembangan intelektual, sosial, emosional, dan budaya dalam kerangka kebhinekaan global.
Kesetaraan Hak Belajar
Menjamin kesetaraan hak belajar termasuk bagi anak berkebutuhan khusus dengan prinsip gotong royong.
Partisipasi Aktif
Mendorong partisipasi aktif orang tua dan masyarakat dalam mendukung kreativitas dan kolaborasi peserta didik.
B. TUJUAN
Target pencapaian yang terukur dalam mewujudkan visi dan misi sekolah
Tujuan Jangka Pendek
(1 tahun)
Karakter & Keagamaan
siswa terlibat dalam kegiatan keagamaan rutin baik harian, mingguan dan bulanan
siswa menunjukkan perilaku santun dalam survei karakter semesteran
siswa mampu membuat pernyataan misi pribadi dan rencana target semesteran
Akademik & Inovasi
siswa terlibat dalam proyek kolaboratif lintas mata pelajaran
guru menggunakan metode PJBL (Project-Based Learning) dalam pembelajaran
siswa mampu mempresentasikan hasil proyek dengan argumen logis
Infrastruktur & Fasilitas
unit komputer dan akses internet stabil di lab komputer
fasilitas pendukung kreativitas (perpustakaan, pentas seni) terpakai optimal
Budaya & Lingkungan
kelas melaksanakan minimal 2 kegiatan gotong royong per semester
guru telah mengidentifikasi dan memetakan kearifan lokal untuk diintegrasikan
festival budaya melibatkan minimal 80% siswa
kelas membentuk program "Piket Lingkungan" (bank sampah)
mata pelajaran IPA, IPS, Prakarya mengintegrasikan proyek lingkungan
Inklusi & Kesetaraan
guru mengikuti pelatihan inklusi dan Rencana Pendidikan Individual
guru mampu mengadaptasi materi untuk ABK/inklusi
Tujuan Jangka Panjang
(4 tahun)
Keunggulan Akademik
mata pelajaran terintegrasi konten kearifan lokal dan wawasan global
lulusan diterima di SMA/SMK unggulan atau jalur prestasi
Pengembangan Karakter
siswa dan guru menerapkan 7 kebiasaan dalam keseharian
lulusan terlibat dalam kegiatan sosial/lingkungan di masyarakat
siswa menunjukkan peningkatan dalam penilaian karakter
Kepemimpinan & Inovasi
siswa mengikuti program kepemimpinan (LDKS, mentoring)
siswa mampu menginisiasi proyek mandiri (startup sosial, karya seni)
siswa menghasilkan karya inovatif berbasis lokal
Warisan Budaya
siswa terlibat dalam festival budaya tahunan sekolah
Sekolah memiliki galeri karya siswa terbuka untuk masyarakat
Teknologi & Keterampilan
siswa lulus program kecakapan hidup (coding dasar)
siswa mampu mengelola waktu belajar secara mandiri
Pembelajaran Personal
siswa mendapat pendampingan personal berdasarkan minat dan kemampuan
Sekolah memiliki program mentoring melibatkan alumni dan masyarakat
Kemitraan Masyarakat & Inklusi
orang tua terlibat dalam program sekolah
kerjasama dengan lembaga masyarakat/industri
kegiatan ekstrakurikuler dapat diakses ABK
ABK mencapai target akademik sesuai IEP
Mari Bergabung Bersama Kami
Wujudkan masa depan yang cerah bersama SMP Negeri 4 Sungai Pinyuh. Bergabunglah dalam perjalanan pendidikan yang bermakna dan berkarakter.